Keracunan Obat

Saat mengkonsumsi obat kita harus mengikuti aturan pakai obat, agar efek yang diharapkan bisa tercapai seperti hilangnya penyakit, dan tubuh menjadi pulih kembali. Teman-teman perlu ketahui penggunaan obat yang berlebihan tidak mengikuti anjuran dosis dapat menimbulkan toksik ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ 

Apa sih itu toksik? 
Toksik itu adalah senyawa atau zat yang apabila masuk kedalam tubuh dapat membahayakan bahkan menimbulkan kematian. Untuk itu kita harus memperhatikan penggunaan obat yang kita konsumsi. 

Apa aja sih contoh obat yang sering menyebabkan keracunan? 
❣️antihistamin, apa sih maksudnya antihistamin?  Yaitu obat yang dapat digunakan untuk mengobati alergi. Info lebih lanjut insyaallah saya akan buat chapter sendiri sabar ya ๐Ÿ˜Š 
❣️analgetika, apa sih analgetik? Yaitu obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri 
❣️vitamin, mineral. Kok bisa? Ini peringatan buat kita semua kalau sesuatu yang berlebihan itu ngga baik, contohnya aja seperti vitamin dan mineral padahal fungsinya amat bagus untuk kesehatan tetapi konsumsi yang berlebihan itu membahayakan karena dapat menyebabkan toksik. 
❣️obat flu
❣️hormon
❣️antibiotik internal

Cara penanganan keracunan :
Nah seandainya udah ngalami keracunan apa yg bisa kita lakukan? 
๐Ÿ’Š pencucian atau istilah kerennya lavage, pencucian lambung ini dilakukan kalau kondisi racunnya harus dikeluarin dari lambung, proses ini hanya bisa dilakukan jika pasien dalam keadaan sadar atau setengah sadar.caranya dengan diberikan cairan pencuci lambung seperti NaHCO3, larutan Garam Ca, Larutan As. Tanat, kalium permanganat,NaCl Fisiologis, dan Air. 
๐Ÿ’Šemesis, yaitu cara penanganan keracunan dengan cara membuat penderita mengalami muntah, sehingga racun bisa keluar dari dalam tubuh caranya dirangsang dengan pemberian sirup ipecac, apomorfin, dan bisa juga larutan sabun. 
๐Ÿ’Šadsorben, yaitu penanganan keracunan dengan memberikan zat atau obat yang dapat menyerap racun contohnya : karbon aktif, kaolin, pektin, atalpulgit, kolestiramin๐Ÿ’Škatartik dilakukan untuk racun yang sudah masuk kedalam usus yaitu diberikan obat seperti MgSO4, Mg SITRAT, Na Sulfat, Na Fosfat,sorbitol dimana obat-obat tersebut dapat menjadi sebagai pencahar (mempermudah buang air besar)  sehingga racun dapat keluar melalui feses. 
๐Ÿ’ŠDemulsen, nah ini penanganan keracunan yang enak dimana penderita diberikan es krim, susu, putih telur dimana makanan tersebut dapat melapisi zat racun yang korosif sehingga tidak berikatan dengan protein tubuh

Sumber : dosen saya ibu Herlina, M. Kes., Apt. 
SEMOGA BERMANFAAT ๐Ÿ˜˜๐Ÿ’Š❣️๐Ÿ˜Š

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nifedipine

Diare

Katarak